A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Pemilihan guru berprestasi

Pemilihan guru berprestasi

Senin, 30 November 2015 00:00:00 admin disdik

PEMILIHAN GURU, KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH BERPRESTASI

TAHUN 2015

Peningkatan mutu pendidikan dalam rangka mewujudkan insan yang cerdas komprehensif dan kompetitif pada tahun 2025 memerlukan  upaya perbaikan secara terus menerus tanpa henti, karena pendidikan merupakan suatu proses yang panjang dimana proses pendidikan untuk membangun SDM bangsa yang kita laksanakan sekarang, akan dapat dirasakan dampaknya pada dua belas hingga lima belas tahun mendatang.

 

Untuk membentuk generasi yang memiliki kemampuan dan daya saing baik regional, nasional maupun global, harus dimulai dari perbaikan sistem dan proses pendidikan, seperti peningkatan profesionalisme guru dan kepala sekolah, revitalisasi pengawas sekolah serta sarana dan prasarana pendukung proses pendidikan. Hal tersebut perlu dilakukan karena sekolah yang efektif hanya dapat diwujudkan apabila guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah telah profesional dan ddidukung sarana prasarana yang memadai.

 

Program peningkatan mutu guru dan kepala sekolah menjadi profesional, tidak terlepas dari mutu pengawas satuan pendidikan, mengingat posisi strategis pengawas sekolah sebagai pembina dan penjamin mutu di sekolah binaannya. Oleh karena itu upaya peningkatan kompetensi pengawas sekolah dalam melaksanakan bimbingan guru, kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya menjadi sangat penting dan strategis.

 

Dalam pemillihan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah berprestasi mulai dari tingkat satuan pendidikan sampai tingkat nasional dilakukan penilaian terhadap aspek kinerja, kompetensi dan wawasan kependidikan guru. Jenis pemilihan meliputi:

a. Guru berprestasi Jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK

b. Kepala berprestasi jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK serta

c. Pengawas sekolah berprestasi TK-SD, SMP dan SMA-SMK

 

Sementara aspek penilaian meliputi:

a. Tes Administrasi (menyusun portofolio)

b. Tes tertulis sesuai kompetensi yang dimiliki

c. Tes wawancara substantif dan bahasa inggris

d. Presentasi sesuai kompetensi yang dimiliki

e. Observasi terkait kepribadian dan sosial

 Dalam Pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi diadakan seleksi secara bertahap. Tahap I seleksi dilaksanakan di tingkat UPTD pada tanggal 11 s/d 14 Mei 2015, seleksi tahap II di tingkat kabupaten dilaksanakan pada tanggal 21 s/d 24 Mei 2015 dan tanggal 28 Mei s/d 30 Juni 2015 dilaksanakan seleksi tingkat Provinsi secara bertahap. Untuk mewakili tingkat Kabupaten Aceh Barat ke Provinsi Aceh dipilih Juara I  untuk masing-masing  jenis pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi.

daftar nama guru 

unduh disini