A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Bagi Bunda Paud Kecamatan dan Bunda PAUD Gampong

Meulaboh, 16 April 2018- Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Pendidikan anak usia dini menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan 6 (enam) perkembangan: agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini.

Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini, yaitu:

  1. Untuk membentuk anak sebagai generasi penerus yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.
  2. Untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah, sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya.

Adapun materi yang diberikan pada sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Bagi Bunda Paud Kecamatan Dan Bunda Paud Gampong adalah sebagai berikut:

  1. Kebijakan pemerintah daerah dalam pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD) kabupaten Aceh Barat (Seluruh Kecamatan)
  2. Kebijakan pemerintah desa dalam pengembangan PAUD masing-masing gampong.
  3. Peran Bunda PAUD dalam program pembinaan pendidikan keluarga
  4. Peran Bunda PAUD dalam pembinaan dan pengembangan PAUD di masing-masing kecamatan-gampong.
  5. Petunjuk Teknis Pendirian PAUD (TK, KB, TPA, SPS)
  6. Program Penegerian PAUD (TK)

Ditahun 2018 ini, untuk mewujudkan pendidikan anak usia dini yang menitikberatkan pada pelatihan dasar kearah pertumbuhan dan 6 perkembangan, dilakukan sosialisasi penyelenggaraan PAUD di tingkat gampong dan kecamatan yang dilaksanakan selama 6 hari yaitu pada tanggal 16 s/d 19 April 2018 dan 22 s/d 24 April 2018 di Aula Dinas Pendidikan Aceh Barat. Peserta yang mengikuti sosialisasi yaitu bunda-bunda PAUD Kecamatan dan gampong seluruh Aceh Barat yang dibagi menjadi 3 angkatan. Angkatan Pertama  dilaksanankan tgl 16 s/d 17 April 2018 diikuti oleh kecamatan Pante Ceurmen, Kaway XVI, Johan Pahlawan dan Meureubo. Angkatan Kedua dilaksanakan tanggal 18 s/d 19 April 2018 diikuti oleh kecamatan Samatiga, Arongan Lambalek, Sungai Mas dan Panton Reu. Angkatan Ketiga dilaksanakan tgl 23 s/d 24 April 2018 diikuti oleh kecamatan Bubon, Woyla, Woyla Barat dan Woyla Timur. Adapun tujuan diselenggarakannya  kegiatan ini adalah:

-     Menjadi wadah koordinasi dengan bunda PAUD gampong dan kecamatan terkait dengan perlembaga-lembaga PAUD di Gampong dan Kecamatan.

-     untuk memberikan pemahamam dan pembinaan kepada bunda PAUD tentang pentingnya pengembangan pendidikan anak usia dini dan untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah/ gampong dalam pengembangan PAUD masing-masing gampong.

Narasumber pada sosialisasi ini  adalah Drs. Tamren, Drs. Syarifuddin, Cut Faridus,A.Ma, Hj. Nurasiah, S.Pd.I dan Dra. Yusmidar. Diharapkan kepada bunda PAUD setelah mengikuti sosialisasi ini dapat menerapkan bagaimana pentingnya pengembangan pendidikan anak usia dini pada PAUD masing-masing gampong.

(SP/CNR)