A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Peringatan Hardiknas 2018, Mengangkat Tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”

MEULABOH – 11 Mei 2018, Dinas Pendidikan Aceh Barat melaksanakan peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018 yang dihadiri Bupati Aceh Barat, Bapak H. Ramli MS dan sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara. Turut hadir pula dalam kegiatan  Hardiknas tersebut Kepala SKPK, Ketua DPR, Kapolres Aceh Barat, Dandim Aceh Barat, Muspida, Muspida Plus, guru-guru, kepala sekolah, pengawas, para pegawai Dinas Pendidikan Aceh Barat serta Siswa-siswi Tingkat SD, SMP, SMA, SMK.

Pada sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dibacakan Bupati Aceh Barat, Bapak    Ramli, MS menyampaikan berkenaan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018, beliau mengajak semua yang hadir bersyukur kepada Allah SWT dan menjadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenung hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara sebagai bapak pendidikan Indonesia. Ditambahkan, oleh bapak Ramli bahwa peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini kita harus jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan. Pada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Barat, Zulkarnaini, S.Pd yang mendampingi Bupati  Aceh Barat  mengatakan bahwa Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Tema ini diangkat karena dinilai sangat relevan dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, BAB I, Pasal 1 ayat 2, disebutkan bahwa pendidikan nasional kita adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional. Di sinilah terjadinya titik temu antara pendidikan dan kebudayaan.

Bapak Husensah, M.Pd selaku ketua PGRI, menyampaikan peringatan Hari Pendidikan Nasional sebagai momentum penting guna menyadari bahwa kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang kita cita-citakan masih jauh dari jangkauan. Kita terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas, terus-menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi, sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan, dan kebutuhan pembangunan, imbuhnya.

Diakhir acara, Bapak Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS meluangkan waktu untuk bertemu ramah dengan para guru dan tenaga kependidikan. Beliau menanggapi beberapa pertanyaan dengan sangat ramah terkait sertifikasi guru, tunjangan terpencil, apresiasi terhadap guru berprestasi, dan fenomena kekurangan guru pada sekolah tertentu. Bapak Bupati memberikan hadiah  umrah kepada pemenang lomba guru berprestasi. Bapak Bupati beliau berjanji akan menyelesaikan seluruh permasalah guru terkait guru sertifikasi, kontrak dan guru terpencil sesegera mungkin.

Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai bangsa berbudaya dengan pendidikan yang kuat. (DF/CNR?