A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

SOSIALISASI APLIKASI SISTEM PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH(SISPENA)

Senin, 28 Mei 2018, Bertempat di Aula SMK Negeri 1 Meulaboh, Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat telah menyelenggarakan Sosialisasi Akreditasi Sekolah Menggunakan Aplikasi Online. Kegiatan tersebut dihadiri 105 perwakilan sekolah yang akan menjadi sasaran Akreditasi tahun 2018 pada jenjang SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA dengan rincian sasaran SD berjumlah 48 sekolah, MI berjumlah 13 sekolah, SMP berjumlah 26 sekolah, MTs berjumlah 10 sekolah, SMA berjumlah 6 sekolah dan MA  berjumlah 2 sekolah. Sosialisasi Akreditasi  sekolah dibuka langsung oleh Drs. H.T. Hasanuddin, MSc, selaku Ketua Unit Pelaksana Akreditasi Sekolah/Madrasah Kabupaten Aceh Barat.

Kegiatan Sosialisasi Akreditasi ini menggunakan aplikasi Sispena yang mendatangkan narasumber dari Badan Akreditasi Provinsi Sekolah dan Madrasah (BAP-SM) Provinsi Aceh yaitu bapak Ir. M. Jafar serta bapak Abdurrani, S.Pd. M.Pd selaku sekretaris Unit Pelaksana Akreditasi Sekolah/Madrasah Aceh Barat.

Bapak Drs. H.T. Hasanuddin, MSc menuturkan kepada peserta perwakilan madrasah  dan sekolah yang akan  menjadi sasaran Akreditasi tahun 2018, bahwa jika  suatu madrasah atau sekolah ingin mendapatkan  status Akreditasi A, maka perlu adanya komitmen dari pimpinan satuan pendidikan di sekolah,  dan yang terpenting sistem harus terintegrasi  terhadap semua lini  dimana tidak hanya peningkatan nilai akreditasi akan tetapi peningkatan budaya mutu madrasah/sekolah yang semakin baik. Beliau juga mengatakan akan ada Tim monitoring dan Evaluasi yang memeriksa ke setiap sekolah dan madrasah terkait kelengkapan berkas Administrasi sekolah seperti, setiap gedung harus memiliki DIR (Daftar Inventaris Barang), foto ruang belajar dan 12 perangkat guru dalam proses pembelajaran.

Sekretaris Unit Pelaksana Akreditasi Sekolah/Madrasah Aceh Barat, Abdurrani, S.Pd. M.Pd memberi materi terkait Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah /Madrasah (SISPENA) Tahun 2018. Beliau menjelaskan mengenai pengenalan dan petunjuk teknis penggunaan Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah /Madrasah (SISPENA). Sistem ini akan digunakan oleh seluruh operator sekolah yang ada di Kabupaten Aceh Barat yang menjadi sasaran Akreditasi sekolah/madrasah tahun 2018, dengan harapan mampu meningkatkan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Beliau juga menambahkan, sejak tahun   2017-2018 BAN S/M dalam melakukan akreditasi sekolah telah menggunakan aplikasi untuk mempermudah dan untuk lebih transparannya proses akreditasi sekolah/madrasah.

Lebih lanjut dikatakan  secara rinci oleh Ir. M. Jafar selaku anggota Badan Akreditasi Provinsi Sekolah dan Madrasah (BAP-SM) Provinsi Aceh yang menjadi narasumber utama bahwa inti dari pembinaan ini  adalah teknis pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah dengan sistem online melalui aplikasi “SISPENA”. Sispena merupakan sistem penilaian akreditasi yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi berbasis web di bansm.or.id/sispena. Oleh sebab itu pembinaan pada tingkat sekolah maupun pihak asesor, pemantauan sangat diperlukan untuk berjalannya proses akreditasi dengan baik. Beliau juga memaparkan cara pengisian secara rinci satu persatu : Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) secara Manual, Bedah Instrument Akreditasi, Tata Cara Pengisian Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah. ( DF/CNR)