A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Pendataan Sekolah Berbasis Online 2018

Pendataan Sekolah Berbasis Online 2018

Jumat, 31 Agustus 2018 14:16:50

 

Meulaboh -- 18 Juli 2018 Direktorat Jenderal Guru dan Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kementerian Republik Indonesia berinovasi dengan sistem aplikasi berbasis online yang dirancang untuk kepentingan sekolah, siswa, guru dan tenaga kependidikan yang bersifat Nasional yaitu aplikasi Verval SP, Verval PD, Verval PTK, E-Rapor dan Aplikasi kehadiran guru dan tenaga kependidikan online (DHGTK). Dalam mewujudkan pendataan sekolah berbasis online tersebut, Dinas Pendidikan Aceh Barat melalui program Manajemen Pelayanan Pendidikan melaksanakan kegiatan  Pendataan Sekolah Berbasis Online bagi Operator Tingkat SD dan SMP. Kegiatan ini digelar pada tanggal 18 Juli sampai 4 Agustus 2018 dalam 8 angkatan dimana masing-masing angkatan mengikuti pelatihan selama 2 hari dan setiap angkatan berjumlah 25 sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan  di Lab IT Dinas Pendidikan Aceh Barat.


Kepala Bidang Program dan Pelaporan Pak Addhari, SE  mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat ketika membuka pelatihan tersebut berharap kepada peserta untuk mengikuti pelatihan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Agar hasil dari datanya  valid dan berkualitas sehingga dapat meningkatkan kualitas pendataan bidang pendidikan, terkait dengan validasi data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, karena peran data sangat besar untuk kepentingan berbagai program pendidikan seperti: aneka tunjangan, BOS, Rehab, BSM, Profil Pendidikan, Pencapaian SPM, dan lain sebagainya.
Selanjutnya Addhari, SE menjelaskan adapun tujuan utama pendataan Sekolah Berbasis Online ini adalah untuk memvalidasi dan memverifikasi data sehingga menghasilkan data yang valid. Datanya antara lain : administrasi satuan pendidikan (Identitas Satuan Pendidikan, NPSN, Nama Sekolah, Alamat Sekolah, Status SK Opersional, Akreditasi, Foto Sekolah, Spasial, wilayah sekolah (titik koordinat sekolah/arah letak sekolah) data siswa (NISN) dan Pengusulan NUPTK bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Aplikasi E-Rapor berfungsi untuk pengisian nilai rapor siswa secara online dan aplikasi DHGTK (Daftar Kehadiran Guru & Tenaga Kependidikan) merupakan aplikasi kehadiran guru online berbasis web yang dibuat secara khusus untuk mempercepat pembayaran tunjangan profesi  guru atau sertifikasi. Kasi Data dan Informasi yaitu Bu Arnawita, A.Md merupakan salah satu narasumber pada kegiatan tersebut menjelaskan hal teknis terkait verval SP, Verval PD, Verval PTK, E-Rapor dan DHGTK online. Aplikasi Verval SP merupakan Sistem informasi yang dapat digunakan untuk melakukan update data master sekolah. Aplikasi Verval PD berfungsi untuk mengajukan penerbitan NISN dan perubahan data siswa, hasil pendataan Dapodik yang belum mempunyai NISN secara otomatis akan dibuatkan oleh PDSPK (Pusat Data Statistik Pendidikan). Pada Verval PTK operator dapat menjalankan mekanisme pengusulan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), Proses Klaim NUPTK, Proses Penonaktifan NUPTK dan Reaktivasi NUPTK.
Beliau menambahkan, jika guru dan tenaga kependidikan telah memiliki NUPTK akan tetapi PTK tersebut muncul kembali sebagai calon penerima NUPTK maka operator sekolah wajib segera melakukan proses Klaim NUPTK melalui sistem tersebut, karena jika proses kliam tersebut tidak segera ditindak lanjuti maka akan berpengaruh ke berbagai tunjangan yang akan diterima oleh PTK tersebut.
Melalui Pelatihan Aplikasi sekolah berbasis online ini, Dinas Pendidikan Aceh Barat mengharapkan agar operator sekolah dapat menginput dan melakukan perubahan data Satuan Pendidikan, peserta didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, pengisian rapor berbasis online dan Daftar hadir guru online secara mandiri sehingga nantinya menghasilkan data yang valid yang dapat  menjadi acuan pengambilan kebijakan dalam perencanaan pembangunan.