A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

EVA YULITA PEMENANG GURU BERPRESTASI TINGKAT SD TAHUN 2018

EVA YULITA PEMENANG GURU BERPRESTASI TINGKAT SD TAHUN 2018

Kamis, 15 November 2018 01:00:00 admin disdik

Meulaboh, 28 April 2018. Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat kembali melaksanakan kegiatan seleksi  Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Berprestasi Tingkat PAUD, SD, SMP  yang diikuti oleh seluruh Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas dalam Kabupaten Aceh Barat.  Kegiatan yang selenggarakan di Aula Dinas Pendidikan Aceh Barat pada tanggal 06 s/d 09 Mei 2018  ini telah melahirkan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Berprestasi sehingga dapat menjadi motivasi  bagi guru-guru yang lainnya di Aceh Barat untuk terus meningkatkan kinerja.

Untuk kategori Guru berprestasi tingkat SD dimenangkan oleh ibu Eva Yulita. Ibu tiga anak ini bertugas di SD Negeri Rantau Panyang II.  Guru yang memiliki hobi membaca, menulis dan menyanyi ini memang layak mendapatkan juara I ajang seleksi Guru Berprestasi karena sebelumnya ibu Eva sudah pernah menjadi Juara 3 seleksi Olimpiade Guru Mata Pelajaran se-Kabupaten Aceh Barat tahun 2015.  

Adapun Kriteria  menjadi Guru Berprestasi  menurut pedoman Seleksi Guru Berprestasi yang dikeluarkan oleh Kemendikbud, Guru harus memiliki/melakukan antara lain :

1. Dokumen Portofolio.

Penilaian terhadap dokumen portofolio merupakan serangkaian proses penilaian terhadap semua dokumen yang dikirimkan peserta meliputi: kualifikasi akademik, pendidikan dan pelatihan, pengalaman mengajar,  Rencana Pembelajaran penilaian kepala sekolah atau pengawas tentang pelaksanaan pembelajaran, (e) prestasi akademik dalam lomba dan karya sertifikat keahlian dan keterampilan, pembimbingan teman sejawat, pembimbingan siswa, karya pengembangan profesi (karya tulis, penelitian, reviewer buku, penulisan soal ujian, pembuatan media dan alat pembelajaran, pembuatan karya teknologi tepat guna, keikutsertaan dalam forum ilmiah, pengalaman menjadi pengurus organisasi dibidang pendidikan dan sosial (pengalaman organisasi, pengalaman mendapat tugas tambahan, penghargaan yang relevan).

2. Penilaian Kinerja Guru dan Video Pembelajaran Setiap calon guru SMP berprestasi tingkat nasional wajib menyampaikan: video pelaksanaan pembelajaran dengan durasi satu jam pelajaran, RPP dan silabus untuk materi pelajaran yang divideokan, penjelasan tentang rekaman proses pembelajaran disajikan; Penilaian kinerja guru meliputi Laporan Hasil Penilaian Kinerja Guru dan/atau guru tugas tambahan lainnya yang relevan, yang meliputi:

- Rekap Hasil PK Guru Kelas/Matapelajaran, yang ditandatangani oleh Guru yang Dinilai, Penilai, dan Kepala Sekolah,

- Format Hasil Nilai per kompetensi yang memuat skor per indikator dalam satu kompetensi, untuk semua kompetensi (misal untuk guru kelas/matapelajaran adalah 14 kompetensi atau untuk guru BK 17 kompetensi)

-  Format Hasil Sebelum Pengamatan, Selama Pengamatan, dan Setelah Pengamatan

     - Dapat ditambah Format Hasil Pemantauan, dan Jurnal Hasil Pemantauan

     -  Dapat ditambah Format Verifikasi Hasil Penskoran indikator dan Penilaian setiap kompetensi

3. Tes Tulis .

Tes tulis meliputi tes wawasan kependidikan dan test pemahaman terhadap kompetensi guru yang diselenggarakan oleh panitia penyelenggara di tingkat nasional, sedangkan tes kepribadian meliputi tes psikologi yang diselenggarakan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik). Dan di harapkan kedepannya setiap guru yang berada di lingkup Kabupaten Aceh Barat bisa menjadi guru Berprestasi.

Ibu Eva sudah melalui serangkaian penilaian diatas dan berhasil meraih juara I untuk kategori Guru Berprestasi tingkat SD dan akan mewakili Aceh Barat ke seleksi di tingkat Provinsi Aceh. Semoga Ibu Eva terus semangat berprestasi dan menularkan semangat tersebut kepada peserta didiknya. (Yuli/Cnr)