A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

BENGKEL SASTRA “PROSES KREATIF PENULISAN CERPEN DAN PUISI”

BENGKEL SASTRA “PROSES KREATIF PENULISAN CERPEN DAN PUISI”

Rabu, 27 Februari 2019 16:22:12 admin disdik

Meulaboh, Menulis merupakan hal yang masih dianggap membosankan oleh sebagian orang, padahal dengan menulis setiap orang dapat mengungkapkan apa yang dirasakan atau dialami, baik itu perasaan diri sendiri maupun keadaan lingkungan. Bahkan dengan menulis seseorang dapat mengabarkan tentang kondisi yang tengah terjadi di daerahnya. Seseorang juga dapat mengkritisi dan memberi saran terhadap pemerintah melalui tulisannya, akan tetapi sangat jarang ada yang mau belajar menulis dengan baik dan benar.

 

Untuk menguatkan minat menulis siswa di Kabupaten Aceh Barat, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Balai Bahasa Provinsi Aceh yang bertempat di Kota Banda Aceh mengadakan pelatihan Bengkel Sastra bagi siswa-siswi tingkat SMP/MTs di Aceh Barat. Kegiatan tersebut diberi nama Proses Kreatif Penulisan Cerita Pendek dan Puisi Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Sederajat se-Kabupaten Aceh Barat. Acara tersebut adalah bentuk kerja sama Balai Bahasa Provinsi Aceh dengan Dinas Pendidikan Aceh Barat. Dana untuk kegiatan ini bersumber dari APBN yang dikelola oleh BP2B3 Provinsi Aceh.

Kasubbag Tata Usaha Balai Bahasa yaitu Bapak Agus Priyatna mengatakan bahwa Badan Balai Bahasa Provinsi Aceh telah berdiri sejak tahun 1999 dan baru aktif pada tahun 2000, dan sudah ada hampir di seluruh Indonesia. Sejak tahun 2000, Badan Balai Bahasa Provinsi Aceh telah banyak mengadakan kegiatan seperti Penyuluhan Bahasa Indonesia untuk Guru SMA, Pelatihan Karya Tulis Ilmiah, Pelatihan Literasi, Membaca Cepat Serta Bengkel Satra untuk siswa. Kegiatan tersebut dibagi menjadi 3 Zonasi yaitu Timur Aceh, Barat Selatan Aceh, dan Tengah Aceh.

Kegiatan tersebut dilakukan karena melihat kondisi dimana banyak guru yang masih salah dalam tata cara penulisan bahasa yang baik dan benar, sehingga dengan adanya pelatihan dari Balai Bahasa Provinsi Aceh dapat membantu tenaga pendidik untuk Berbahasa Indonesia yang baik dan benar terutama dalam penulisan tanda baca serta tata cara penulisan lainnya.Menurut Bapak Ibrahim Sembiring yang merupakan Ketua Panitia/Koordinator Bengkel Sastra, acara Bengkel Sastra ini berlangsung tiga hari yaitu dari tanggal 19 hingga 21 Februari 2019 yang diselenggarakan di Aula Dinas Pendidikan Aceh Barat. Peserta yang diundang berasal dari seluruh SMP di Aceh Barat dan tidak ada klasifikasi khusus terhadap kriteria peserta yang dikirimkan oleh sekolah untuk menghadiri kegiatan Bengkel Sastra tersebut.

Peserta yang hadir diberikan ATK berupa Ransel, Pulpen, Block Note, serta Fotocopy makalah. Pemateri yang dihadirkan adalah Bapak Azhari Aiyub (Sastrawan Aceh), Bapak Budi Haryanto, dan Bapak Irawan Syahdi (Peneliti Bahasa). Panitia yang bertanggung jawab dalam acara ini 5 orang berasal dari Balai Bahasa Aceh dan 3 orang dari Dinas Pendidikan Aceh Barat.

 Peserta yang ikut dalam Bengkel Bahasa diberikan kesempatan untuk menulis sebuah cerpen serta berdiskusi dan bertanya langsung kepada narasumber. Peserta juga diberikan kesempatan untuk bekerja secara berkelompok. Cerpen yang dibuat oleh peserta akan mendapat penilaian. Bapak Ibrahim Sembiring berharap agar bengkel Sastra ini dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk menulis, karena dalam karya sastra terkandung nilai luhur, amanat untuk berbuat kebajikan dan pesan moral untuk pembaca. Diharapkan siswa peka terhadap lingkungan dan mampu menorehkannya dalam bentuk tulisan meskipun dengan imajinasi mereka.(Murti Fahriza/Cnr?